PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH PADANG

Nurhayati, Nurhayati and Yulfia, Nora and Ade, Sri Madona (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 Cover.pdf

Download (91kB)
[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
52 NURHAYATI 1510013411023 Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk siswa kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, tahap design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validator angket terdiri dari 2 orang dosen. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 23 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dihasilkan dari aspek tampilan dan aspek materi memperoleh persentase 84,79% dikategorikan valid. Dari hasil uji praktikalitas oleh guru modul yang dihasilkan praktis dengan persentase 85% dan dari hasil praktikalitas oleh siswa modul yang dihasilkan sangat praktis dengan persentase 90,76 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembalajaran IPS berbasis Contextul Teaching And Learning (CTL) yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPS. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Pengembangan Modul, CTL, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:30
Last Modified: 12 Mar 2021 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item