PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SDN 15 BATANG BARUS KABUPATEN SOLOK

Nurhidayati, Nurhidayati and Muhammad, Sahnan and Ade, Sri Madona (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SDN 15 BATANG BARUS KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 Cover.pdf

Download (127kB)
[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
48 NURHIDAYATI 1510013411015 Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa terlihat dari penilaian akhir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Kurikulum yang digunakan di SDN 15 Batang Barus adalah kurikulum 2013, akan tetapi disini peneliti hanya memfokuskan pada hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inside outside circle terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN 15 Batang Barus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 15 Batang Barus Kabupaten Solok yang berjumlah 33 orang siswa. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik acak atau Random Sampling, ditetapkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Pada hasil tes akhir menunjukkan nilai rata-rata IPS siswa kelas III, 78,6 untuk kelas eksperimen dan 68,6 untuk kelas kontrol. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperoleh thitung = 2,54 dan ttabel= 2,04 , dengan kata lain thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inside outside cirle terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 15 Batang Barus. Kata kunci: Inside outside circle, IPS, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:40
Last Modified: 12 Mar 2021 03:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item