PENGARUH METODE PERMAINAN MONOPOLI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 31 PASAR AMBACANG

Muhamad, Aditio Bonit and Edrizon, Edrizon and Arlina, Yuza (2021) PENGARUH METODE PERMAINAN MONOPOLI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 31 PASAR AMBACANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 Abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
43 MUHAMAD ADITIO BONIT 1410013411126 Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan monopoli matematika terhadap hasil belajar matematika di kelas V SDN 31 Pasar Ambacang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 31 Pasar Ambacang pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V.A sebanyak 25 orang dan Kelas V.B sebanyak 21 orang. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk objektif dan Essai. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 72,23, dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 39,95. Secara uji statistik, harga thitung> t(0,05;44) (5,54 > 2,017) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diteima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode permainan monopoli matematika berpengaruh terhadap hasil belajar matematika di kelas V SDN 31 Pasar Ambacang Padang. Dengan demikian metode permainan monopoli matematika diharapkan supaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : metode permainan monopoli, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:48
Last Modified: 15 Mar 2021 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3100

Actions (login required)

View Item View Item