PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 03 IX KOTO KABUPATEN DHARMASRAYA

Azhari, Maulana Daniel and Zulfa, Amrina and Rieke, Alyusfitri (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 03 IX KOTO KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
40 AZHARI MAULANA DANIEL 1510013411130 Daftar Pustaka.pdf

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan model Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya dengan siswa Kelas IV.A sebagai kelas Ekperimen dan siswa kelas IV.B sebagai kelas kontrol. Data yang yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang di dapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar kelas eksperimen yaitu 79,16 dan untuk kelas kontrol yaitu 62,05. Melalui uji-t dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,62 dan ttabel 1,72 ini artinya, thitung>ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika kelas IV SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya yang menerapkan model Student Teams Achievment Division (STAD) lebih baik dari pada hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran konvesional. Untuk ini disarankan pada guru dapat menerapkan model Student Teams Achievment Division (STAD) dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Student Teams Achievment Division (STAD), Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sri Erlita
Date Deposited: 10 Jul 2020 04:47
Last Modified: 10 Jul 2020 04:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item