Ira, Yuliani (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
abstrak.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
bab ii-iv.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
bab v.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Contextual Teaching and Learning untuk kelas V SD yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) yaitu tahap validasi, dikarenakan keterbatasan waktu dan karena adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. Pada proses validasi, Modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh nilai 80% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh nilai 87,5% dengan kategori valid, dan dari aspek tampilan memperoleh nilai 93,75% dengan kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata skor penilaian, modul pembelajaran berbasis model Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPS untuk kelas V SD memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 87%. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 6 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 87 % dengan kriteria Sangat Praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh hasil 85 % dengan kriteria praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis model Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V SD valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar,sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci: pengembangan modul, berbasis model contextual teaching and learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Hermanto UBH |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 01:58 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 01:58 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3445 |
Actions (login required)
View Item |