PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ira, Yuliani (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (193kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (392kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (335kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Contextual Teaching and Learning untuk kelas V SD yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) yaitu tahap validasi, dikarenakan keterbatasan waktu dan karena adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. Pada proses validasi, Modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh nilai 80% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh nilai 87,5% dengan kategori valid, dan dari aspek tampilan memperoleh nilai 93,75% dengan kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata skor penilaian, modul pembelajaran berbasis model Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPS untuk kelas V SD memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 87%. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 6 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 87 % dengan kriteria Sangat Praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh hasil 85 % dengan kriteria praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis model Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V SD valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar,sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci: pengembangan modul, berbasis model contextual teaching and learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:58
Last Modified: 27 Apr 2021 01:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item