PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rika, Afriani Susanti (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (128kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (48kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan modul pembelajaran IPS berbasis saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis saintifik untuk kelas IV sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan define, design, dan develop. Validator dilakukan oleh 3 orang dosen dan praktikalitas dilakukan oleh guru kelas IV SD N 15 Pancung Soal dan 27 siswa kelas IV SD N 15 Pancung Soal. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi tiga orang validator. Validator modul meliputi tiga aspek yaitu aspek materi, aspek design, dan aspek bahasa. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, modul yang dikembangkan mendapatkan persentase 91,82 % dengan kriteria sangat valid baik dari aspek materi, aspek design dan aspek bahasa. Hasil pratikalitas guru mendapaatkan nilai persentase 92,29 % dan siswa persentasenya 91,12 % dengan kriteria sangat praktis dari aspek ketertarikan siswa, proses penggunaannya, peningkatan kreativitas siswa dan evaluasi. Hal ini menunjukkan modul pembelajaran IPS berbasis saintifik untuk kelas IV SD N 15 Pancung Soal sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPS berbasis pendekatan saintifik untuk kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci : modul, pembelajaran IPS,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:46
Last Modified: 27 Apr 2021 02:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item