PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD

Rofita, nurman (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (78kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (30kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (467kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning untuk siswa kelas IV SD Negeri 04 Lunang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain, dan 1 orang validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 3,3 kategori valid, dari aspek desain memperoleh penilaian 3,33 kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 3,9 kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata penilaian modul pembelajaran IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning memenuhi kategori sangat valid dengan rata-rata 3,51. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 20 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentasi hasil 81% dengan kategori praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase 90,02% kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci: Modul Pembelajaran IPS, Pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:49
Last Modified: 27 Apr 2021 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item