PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG SISWA KELAS III SD NEGERI 01 BARINGIN ANAM

Rosyta, Aulia Sari (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG SISWA KELAS III SD NEGERI 01 BARINGIN ANAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I SAMPAI 5 - Rosyta Aulia Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (166kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (113kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran apalagi media pembelajaran yang bersifat interaktif dan model yang dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis penemuan terbimbing menggunakan articulate storyline pada materi hubungan antar satuan panjang untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Baringin Anam. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model pengembangannya adalah model pengembangan plomp. Kegiatan tahapan model pengembangan dilakukan dengan keterbatasan peneliti. Adapun tahapannya adalah fase studi pendahuluan, fase pengembangan atau pembuatan prototype dan fase penilaian. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, media pembelajaran interaktif divalidasi oleh 2 orang dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli tampilan. Pada proses praktikalitas, media pembelajaran interaktif diujicoba kepada 1 orang guru dan 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis penemuan terbimbing menggunakan articulate storyline materi hubungan antar satuan panjang yang telah dilakukan, maka dihasilkan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 93.7% dan memenuhi kriteria praktis dengan persentase 88.8%. Hal ini menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis penemuan terbimbing menggunakan articulate storyline materi hubungan antar satuan panjang sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya materi hubungan antar satuan panjang untuk siswa kelas III sekolah dasar. Kata Kunci : pengembangan, media interaktif, penemuan terbimbing, articulate storyline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:51
Last Modified: 27 Apr 2021 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3461

Actions (login required)

View Item View Item