PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIBANYAK KELAS IV SD NEGERI 45 GANTING

Tiwi, Aulia Safitri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIBANYAK KELAS IV SD NEGERI 45 GANTING. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (250kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (58kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora pada materi segibanyak untuk kelas IV SD N 45 Ganting yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan / Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai 3D saja. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di validasi oleh 2 orang dosen dan lembar pratikalitas guru serta lembar praktikalitas siswa kelas IV SD N 45 Ganting sebanyak 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora untuk siswa kelas IV SD N 45 Ganting termasuk kriteria valid dengan nilai 85,075% dari aspek didaktik dan materi 88,9%, serta tampilan 81,25%. Media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora ini termasuk kriteria sangat praktis oleh guru 91,7%, dan siswa 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis model problem based learning dengan menggunakan aplikasi lectora memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas IV Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : pengembangan, problem based learning, lectora, matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:15
Last Modified: 27 Apr 2021 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3465

Actions (login required)

View Item View Item