PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP K13 (IPA) MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SDN 16 SURAU GADANG

Yayang, Putri Okvarila and Hendra, Hidayat and Enjoni, Enjoni (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP K13 (IPA) MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SDN 16 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
37 YAYANG PUTRI OKVARILA 1510013411116 Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP K13 pembelajaran IPA dengan pendekatan inkuiri pada materi ekosistem untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). RPP K13 pembelajaran IPA dengan pendekatan inkuiri ini dikembangkan dengan menggunakan ADDI (Analysis Design, Development Implementation). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba RPP yang dikembangkan. Rancangan RPP yang telah dikembangkan divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba di kelas V SDN 16 Surau Gadang untuk mengetahui praktikalitas RPP yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa RPP pembelajaran IPA dengan pendekatan inkuiri pada materi ekosistem untuk siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata validitas = 0,93. RPP yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata = 0,91 menurut siswa dalam skala kecil yang dikategorikan sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan = 0,84 dan dalam skala besar dengan yang dikategorikan sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan = 0,85. Kesimpulan: RPP K13 IPA dengan pendekatan inkuiri sangat layak untuk dijadikan acuan bagi guru dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : RPP K13 Berbasis Inkuiri, Valid dan Praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 14 Jul 2020 06:35
Last Modified: 14 Jul 2020 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item