Zainal, Abidin and Marsis, Marsis and Welya, Roza (2021) Pemanfaatan Korpus Soal-Soal Ujian Nasional untuk Penyusunan Kamus Pembelajar”. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
abstrak.pdf Download (240kB) |
|
Text
bab i.pdf Download (111kB) |
|
Text
bab v.pdf Download (144kB) |
|
Text
bab ii-iv.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (298kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara memanfaatkan korpus soal-soal ujian nasional bahasa Indonesia untuk penyusunan kamus pembelajar. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Santoso (2013) tentang pembelajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia, Atkins dan Rundell (2008) tentang pemanfaatan korpus untuk penyusunan kamus, Sinclair(2005) tentang korpus, Atkins, Clear, dan Ostler (1991) tentang bahan pembentukan korpus, dan Livingstone (2015) dan Meyer (2002) tentang kegunaan korpus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Objek penelitian adalah kosakata dalam soal-soal ujian nasional bahasa Indonesia. Secara kualitatif, pengumpulan dan penganalisisan data dilakukan dengan perangkat lunak AntConc 3.4.4 Word 2014. Secara kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Penganalisisan data dilakukan dengan perangkat lunak SPSSv20. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan data reduction melalui model varimax.Penyusunan kamus dilakukan dengan perangkat lunak Lexique Pro.Hasil penelitian ini dapat dinyatakan dalam bentuk kualitatifdan kuantitatif. Secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 136.244 kata dengan konjungsi yangsebagai kata berfrekuensi tertinggi (4.032 kata) dan nomina tadi sebagai kata terendah (1 kata). Uji validitas terhadap data sebanyak 45 kata yang digunakan dinyatakan valid. Tiap-tiap kata yang valid memiliki nilai koefisien corrected item total correlation yang bernilai di atas r tabel yaitu 0,233. Di dalam model pengujian terdapat lima kata yang dieliminasi karena tidak memenuhi persyaratan. Dalam uji reliabilitas terlihat bahwa variabel yang terbentuk dari kata telah memiliki nilai cronbach’s alpha di atas 0,7 sehingga variabel yang terbentuk dari kata memiliki kehandalan yang tinggi. Oleh sebab itu, data dapat terus digunakan ke tahapan lebih lanjut. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas tersebut, kosakata yang terdapat dalam data kualitatif dapat disusun menjadi kamus sehingga disimpulkan bahwa pemilihan lema kepala dan turunan untuk penyusunan kamus dilakukan dengan memilih kata melalui daftar kata (wordlist) korpus soal-soal ujian nasional (KSUN), pendefinisian dilakukan dengan cara melihat kronologi kata di dalam concordansi KSUN, dan pembuatan contoh kalimat dalam kamus dilakukan dengan cara melihat berbagai kalimat melalui file view KSUN. Dengan melakukan cara-cara tersebut, kamus pembelajar berbasis soal-soal ujian nasional dapat disusun secara baik. Kata Kunci : pemanfaatan, korpus, soal-soal ujian nasional, kamus pembelajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Hermanto Hermanto |
Date Deposited: | 03 May 2021 07:04 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 04:39 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3612 |
Actions (login required)
View Item |