HILMANSYAH, HILMANSYAH and SYAFRIL, SYAFRIL and Adri, Adri (2021) TANGGUNG JAWAB PENJUAL TERHADAP KOSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TELEPON GENGGAM DALAM HAL ADANYA CACAT TERSEMBUNYI (STUDI KASUS PADA SUMBAR SMARTPHONE PADANG. Diploma thesis, UNIVERISTAS BUNG HATTA.
Text
23 HILMANSYAH (1510012111199) BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text
23 HILMANSYAH (1510012111199) BAB II-III.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text
23 HILMANSYAH (1510012111199) BAB IV.pdf Download (95kB) |
|
Text
23 HILMANSYAH (1510012111199) COVER ABSTRAK DAN HLM PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
23 HILMANSYAH (1510012111199) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
Abstract
Penulis tertarik dengan judul ini, karena penulis sering mendengar keluhan dari beberapa masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh toko Sumbar Smartphone. Seringkali konsumen mendapatkan telepon genggam bekas yang mengandung cacat tersembunyi yang tidak sesuai dengan perjanjian para pihak sehingga konsumen merasa dirugikan. Adapun rumusan masalah yang diajukan yaitu: Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap konsumen dalam barang yang mengandung cacat tersembunyi?; Bagaimanakah tanggung jawab Sumbar Smartphone jika terjadi cacat tersembunyi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perlindungan konsumen terhadap tanggung jawab toko Sumbar Smartphone kepada konsumennya. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara terhadap toko Sumbar Smartphone dan konsumen yang merasa dirugikan. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan diolah melalui metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan lemahnya perlindungan hukum bagi konsumen terhadap hak-hak konsumen sebagaimana yang telah diatur Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sehingga dalam prakteknya hak-hak tersebut masih diabaikan oleh toko Sumbar Smartphone. Penerapan tanggung jawab barang dagangan masih tidak sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku karena toko Sumbar Smartphone tidak mau bertanggung jawab apabila telepon genggamnya mengandung cacat tersembunyi. Ada beberapa hal yang menjadi saran antara lain konsumen harus lebih bersikap kritis untuk menanyakan kondisi barang yang akan dibelinya. Pelaku usaha harus dapat melaksanakan tanggung jawabnya sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Perlindungan konsumen, perjanjian, tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hermanto UBH |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 08:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 08:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4351 |
Actions (login required)
View Item |