PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PADANG PANJANG

Fitri, Yenti and Pebriyenni, Pebriyenni (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cover, lembar pengesahan pembimbing, lembar pengersahan ujian, abstrak, daftar isi ( Fitri Yenti, 1710013311001) PPKn.pdf

Download (963kB)
[img] Text
ii. BAB Pendahuluan ( Fitri Yenti 1710013311001) PPKn.pdf

Download (417kB)
[img] Text
iii. BAB Kesimpulan Dan Saran ( Fitri Yenti 1710013311001) PPKn.pdf

Download (261kB)
[img] Text
iv Skripsi Full ( Fitri Yenti 1710013311001) PPKn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PADANG PANJANG Fitri Yenti1, Pebriyenni1 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: fitri.yentish26@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 9 kelas yaitu. XI AKL.1, XI AKL.2, XI OTP.1, XI OTP.2, XI BDP.1,XI BDP.2, XI Boga, XI Hotel, XI UPW di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang terdiri dari 268 orang. Rancangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design, yang menyatakan bahwa dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random sampling yaitu dengan pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Oleh karena itu, dalam penentuan sampel penelitian ini peneliti menggunakan pengambilan lot yang dilakukan sebanyak 5 kali. Dari hasil pengambilan lot, kelas XI BDP.1 lebih banyak muncul dan kelas XI BDP.2 bagian kedua yang banyak muncul. Oleh karena itu penelitian ini, peneliti menerapkan kelas yang menjadi sampel untuk penelitian ini yaitu kelas XI BDP.1 dan kelas XI BDP.2. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 orang siswa, dari kelas XI BDP.1 berjumlah 30 orang siswa yang merupakan kelompok kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan dikelas XI BDP.2 berjumlah 27 orang siswa yang merupakan kelompok kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Dari hasil tes ini dilakukan pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji-t, statistik menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 3,035 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HI, terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pretest Posttest Control Group Design, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:08
Last Modified: 18 Aug 2021 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4531

Actions (login required)

View Item View Item