PENGEMBANGAN MODUL POP-UP PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ARTIKULASI UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Anisa, Thosyoleha and Pebriyenni, Pebriyenni (2021) PENGEMBANGAN MODUL POP-UP PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ARTIKULASI UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
bagian i.pdf

Download (377kB)
[img] Text
bagian ii.pdf

Download (466kB)
[img] Text
bagian iii.pdf

Download (116kB)
[img] Text
SKRIPSI UPLOAD ANISA THOSYOLEHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi untuk kelas V KD 3.2 yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Modul divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu ahli materi dengan 94% kategori sangat valid, ahli bahasa dengan 95% kategori sangat valid, dan ahli desain 92% kategori sangat valid. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari 3 validator ahli adalah 93% kategori sangat valid. Untuk uji coba praktikalitas, modul dilakukan oleh guru dan siswa UPT SDN 26 Nanggalo dengan hasil praktikalitas 96% guru kategori sangat praktis dan 95% siswa kategori sangat praktis. Rata-rata praktikalitas 95% kategori sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi untuk kelas V dinyatakan valid baik dari aspek materi, bahasa, dan desain. Hasil praktikalitas dinyatakan praktis baik dari aspek penilaian guru maupun siswa. Hal ini menunjukkan bahwa modul pop-up pembelajaran IPS berbasis artikulasi yang dikembangkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Dengan adanya modul ini diharapkan siswa dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul, Pop-Up, Pembelajaran IPS, Berbasis Artikulasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:55
Last Modified: 23 Aug 2021 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item