PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 18 KOTO HILALANG BALINGKA

Rahma, Febrianti Rafni and Muhammad, Sahnan and Ade, Sri Madona (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 18 KOTO HILALANG BALINGKA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
14 RAHMA FEBRIANTI RAFNI 1510013411018 Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 18 Koto Hilalang Balingka. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Koto Hilalang Balingka pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 20 orang siswa dan siswa kelas IV-B sebanyak 20 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara Random Sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata yaitu 79,65 dan kelas kontrol nilai rata-rata 64,20. Hasil uji statistik nilai t-hitung> t-tabel (3,25 2,10) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 18 Koto Hilalang Balingka. Kata kunci : Inkuiri, Hasil Belajar IPS, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 21 Jul 2020 06:12
Last Modified: 21 Jul 2020 06:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item