PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA KELAS III SDN 16 PAGAMBIRAN

Nindi, Dwi Rahmadani and Zulfa, Amrina (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA KELAS III SDN 16 PAGAMBIRAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Nindi Dwi Rahmadani 1 cover, hal pengesahan dll-dikonversi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Nindi Dwi Rahmadani 2 Bab PENDAHULUAN-dikonversi.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Skripsi Nindi Dwi Rahmadani 3 Bab kesimpulan dan saran-dikonversi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Skripsi Nindi Dwi Rahmadani 4 FULL TEXT-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pembelajaran matematika materi pecahan sederhana dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas III SDN 16 Pagambiran. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai di tahap develop yakni sampai pada tahap praktikalitas. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun 2021 dengan materi pecahan sederhana. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen ahli meliputi 1 orang ahli didaktik dan isi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Pada proses pratikalitas, LKPD di uji coba kepada 1 orang pendidik dan 28 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi LKPD dengan model Problem Based Learning memenuhi kriteria valid dengan presentase penilaian sebesar 86,19 %. Pada tahap praktikalitas LKPD dengan model Problem Based Learning ini termasuk kriteria sangat praktis dengan presentase penilaian sebesar 92,05 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika materi pecahan sederhana untuk kelas III SD memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas III di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:14
Last Modified: 26 Aug 2021 03:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item