HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SDN 30 TIMBULUN KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Siti, Nur Azila and Erman, Har (2021) HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SDN 30 TIMBULUN KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Univrsitas Bung Hatta.

[img] Text
R 1-dikonversi.pdf

Download (654kB)
[img] Text
R 2-dikonversi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
R 3-dikonversi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
SKRIPSI ZILA FIXXXXXXXXXXXXXXX (2)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kesiapan Belajar Daring Terhadap hasil belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas 1V SDN 30 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Deksriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1V SDN 30 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sehingga dalam penelitian sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 1V SDN 30 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kesiapan Belajar Daring Terhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu Kesiapan Belajar Daring dengan Hasil Belajar IPA diperoleh nilai thitung sebesar 3,41 yang lebih besar dari nilai ttabel 2,131. Serta nilai signifikansi kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 0,04 yang lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi antara kesiapan belajar daring dengan hasil belajar sebesar 43,79%. Koefisien determinasi sebesar 43,79% yang artinya besarnya kontribusi kesiapan belajar daring dengan hasil belajar IPA siswa kelas 1V di SDN 30 Timbulun Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebesar 43,79% sedangkan 56,21% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dari penelitian ini adalah. (1) bagi siswa diharapkan bisa lebih memahami lagi pentingnya kesiapan belajar daring.(2) bagi guru diharapkan dalam proses belajar mengajar,guru harus lebih banyak menciptakan inovasi dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran daring. (3) bagi orang tua diharapkan para orang tua memberikan nasehat yang terbaik serta perhatian penuh terhadap kesiapan belajar daring anak. (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini memberikan informasi bahwa variabel kesiapan belajar daring berhubungan dengan hasil belajar IPA sebesar 43,79%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesiapan belajar daring masih di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:44
Last Modified: 27 Aug 2021 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5383

Actions (login required)

View Item View Item