PENGEMBANGAN MEDIA INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SUBTEMA 2 KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU UNTUK SD NEGERI 16 PAGAMBIRAN

Nicken, Rahmadilla Herli and enjoni, enjoni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SUBTEMA 2 KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU UNTUK SD NEGERI 16 PAGAMBIRAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media index card match pada pembelajaran IPA subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku untuk kelas IV SD Negeri 16 Pagambiran yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap define, design, and development. Instrumen penelitian meliputi lembar angket validasi yang divalidasi oleh 3 orang validator dan lembar praktikalitas 1 orang guru 24 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media index card match pada pembelajaran IPA subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku untuk kelas 4 SD Negeri 16 Pagambiran termasuk kriteria sangat valid dari persentase validitas (94,30%) dari aspek materi (85,41%), media (97,50%), dan bahasa (100,00%). Media yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dengan persentase praktikalitas (91,66%) dari aspek penyajian isi (93,75%), efektifitas waktu (87,50%) dan Manfaat (93,75%). Praktikalitas siswa sangat praktis dengan persentase praktikalitas (98,43%) dari aspek minat peserta didik (98,95%), pembelajaran (98,95%) dan media (97,39%). Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan media index card match memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:02
Last Modified: 27 Aug 2021 01:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item