PENERAPAN LEAN SIX SIGMA DI JASA PELAYANAN PENGIRIMAN BARANG PT. DAKOTA BUANA SEMESTA

Monica Ratu Sekar Alfajri, Monica and Yesmizarti Muchtiar, S.T.,M.T, Yesmizarti Muchtiar, S.T.,M.T (2021) PENERAPAN LEAN SIX SIGMA DI JASA PELAYANAN PENGIRIMAN BARANG PT. DAKOTA BUANA SEMESTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover- Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB Pendahuluan.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB Penutup.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lean Six Sigma merupakan suatu pendekatan yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas serta menghilangkan atau mengurangi waste yang ada di bidang jasa dan manufaktur. Lean six sigma yang diterapkan dalam bidang jasa disebut Lean Service. Lean Service merupakan suatu pendekatan yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas serta menghilangkan atau mengurangi pemborosan yang ada pada jasa pengiriman yang membuat suatu sistem service menjadi optimal dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi waste yang ditemukan pada proses pengiriman barang dengan menggunakan tools Current State Mapping dan Process Activity Mapping, memberikan usulan perbaikan guna meminimasi keterlambatan dan kerusakan barang yang ditemukan pada perusahaan dengan Lean Service. Berdasarkan identifikasi pada PT. Dakota Buana Semesta terdapat waste waiting for the next step. Oleh karena itu diperlukan perbaikan untuk mengurangi terjadinya waste. Identifikasi awal untuk mengetahui adanya pemborosan pada proses pengiriman barang dilakukan dengan menggunakan tools current state mapping untuk memetakan semua informasi yang ada diperusahaan, setelah pemetaan dilakukannya Process Activity Mapping untuk melihat semua aktivitas secara detail dan bisa membedakan aktivitas yang memiliki nilai tambah maupun aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. Maka terlihat lah aktivitas menunggu yang menyebabkan terjadinya waste waiting for the next step. Untuk mencari akar penyebab permasalahan digunakanlah analisis 5 why. Dan tools pokayoke untuk mencegah kesalahan yang terjadi dan memberikan solusi perbaikan pada perusahaan. Kata Kunci: Lean Six Sigma, Lean Service, Value Stream Mapping, 5why, Pokayoke

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:04
Last Modified: 27 Aug 2021 04:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item