PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA OPERASI HITUNG PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS V SD NEGERI 10 SUNGAI SAPIH PADANG

Dita, Fara Dilla Milenia and Zulfa, Amrina (2021) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA OPERASI HITUNG PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS V SD NEGERI 10 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii.pdf

Download (393kB)
[img] Text
iii.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SKRIPSI DITA FARA DILLA MILENIA (17-017) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82MB)

Abstract

PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA OPERASI HITUNG PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS V SD NEGERI 10 SUNGAI SAPIH PADANG Dita Fara Dilla Milenia1, Zulfa Amrina1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : dittafaradilla18@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan media buku pembelajaran yang berbentuk LKPD di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning pada materi operasi hitung pecahan untuk kelas V SD Negeri 10 Sungai Sapih Padang. Jenis penelitian ini adalah2 penelitian pengembangan atau Research and Development ( R & D) yang dikemukakan oleh Trianto (2009) dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), development (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas merupakan hasil tes siswa kelas V SD, dan untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas V SD Negeri 10 Sungai Sapih Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD yang dihasilkan dikategorikan sangat valid baik dari kelayakan materi (81,81%), aspek desain (90,625%), dan aspek bahasa (90%) dengan rata-rata (87,476%). Hasil praktikalitas guru mendapatkan nilai (100%) dan siswa presentasenya (87,8%) dengan kriterian sangat praktis. Hal ini menunjukan LKPD matematika operasi hitung pecahan berbasis Problem Based Learning kelas V SD Negeri 10 Sungai Sapih Padang sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas V. Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:18
Last Modified: 27 Aug 2021 04:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item