PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99/III SUNGAI PEGEH KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI

Monika, Valentia and Wirnita, Eska (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99/III SUNGAI PEGEH KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (970kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN-dikonversi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN-dikonversi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
iv. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kurangnya ketersediaan buku cetak mata pelajaran Bahasa Indonesia atau sumber belajar serta jarangnya guru menggunakan buku tematik dan hanya berfokus pada Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai sumber belajar di SD Negeri 99/III Sungai Pegeh, sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan dan tidak mempunyai pengetahuan dalam membaca secara intensif, serta kurang fokus terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru, karena guru cenderung menggunakan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Konstruktivisme pada siswa kelas IV SD yang Valid, Praktis dan Efektif. Teori tentang pembelajaran sesuai dengan pendapat Hamalik (2007), teori pendekatan konstruktivisme pendapat Trianto (2016) dan Fitri, R (2017), dan teori tentang modul dikemukakan oleh Daryanto (2013) dan Prastowo (2016). Jenis penelitian adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan). Modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Konstruktivisme ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D yang dibatasi menjadi 3-D, dikarenakan keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu. Penelitian dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas modul dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SD, dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SD Negeri 99/III Sungai Pegeh Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai (91,71%). Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai kepraktisan (90.00%), juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan nilai kepraktisan (92,2%), serta modul yang dikembangkan tersebut sangat efektif dengan nilai (83,75%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangan sangat valid praktis dan efektif digunakan bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Selanjutnya, Modul pembelajaran Bahasa Indonesia dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 99/III Sungai Pegeh Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:21
Last Modified: 27 Aug 2021 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item View Item