PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rahma, Rahma and Dra. Pebriyenni, M.Si, Pebriyenni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI RAHMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis Mind Mapping untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Modul pembelajaran IPS berbasis Mind Mapping ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D yang yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada KD IPS 3.1. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas IV SD Negeri 55 Payakumbuh. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 92,5%, ahli bahasa 95%, dan ahli desain 91,6%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 93% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 98% dan praktikalitas oleh siswa 92,3%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 95,15% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Mind Mapping yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul Pembelajaran IPS, Mind Mapping, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:32
Last Modified: 27 Aug 2021 07:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item