PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA BILANGAN BULAT KELAS V SD NEGERI 05 XIV KOTO KABUPATEN MUKOMUKO

Jeska, Rahma Yuni and syukma, netti (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA BILANGAN BULAT KELAS V SD NEGERI 05 XIV KOTO KABUPATEN MUKOMUKO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat dengan menggunakan Pendekatan CTL untuk kelas V SD Negeri 05 XIV Koto Kabupaten Mukomuko. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Model penelitian adalah model pengembangan Dick and Carry, yaitu ADDIE model ini meliputi: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Pada penelitian ini dibatasi hanya pada tahap development (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan respon peserta didik). Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 2 orang ahli yaitu ahli didaktik, isi dan ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD di uji coba kepada 1 orang guru dan 16 orang peseta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi LKPD dengan Pendekatan CTL memenuhi kriteria cukup valid dengan penilaian sebesar 2,95. Pada tahap praktikalitas, LKPD dengan Pendekatan CTL ini termasuk kriteria sangat praktis dengan rata-rata penilaian sebesar 3,92 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi Bilangan bulat dengan menggunakan Pendekatan CTL untuk kelas V SD memenuhi kriteria cukup valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas V di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:45
Last Modified: 27 Aug 2021 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item