PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 03/II DUSUN DANAU

mugi, hartini sri rahayu and Darwianis, Darwianis (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 03/II DUSUN DANAU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Skripsi Mugi Hartini Sri Rahayu (17-078) setelah kompre - Copy (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan menyimpulkan pendapat pada pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer kelas IV SD Negeri 03/II Dusun Danau, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa sebanyak 16 orang. Instrument penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terjadinya peningkatan aktivitas bertanya siswa dengan rata-rata persentase 43,75% menjadi 81,25%. (2) Terjadinya peningkatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan dengan rata-rata persentase 46,88% menjadi 84,38%. (3) Terjadinya peningkatan aktivitas siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran dengan rata-rata persentase 34,38% menjadi 78,13%. (4) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 69,37 pada siklus I menjadi 88,25 pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan materi pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer pada kelas IV SD Negeri 03/II Dusun Danau, dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan menyimpulkan materi pembelajaran. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model pembelajar Giving Question and Getting Answer untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:50
Last Modified: 27 Aug 2021 07:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item View Item