PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 PADANG SARAI

Sinta, Okta Vira and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 PADANG SARAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i.pdf

Download (543kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (153kB)
[img] Text
iii.pdf

Download (8kB)
[img] Text
iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 PADANG SARAI Sinta Okta Vira1, Syafni Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : sinta.sinta3232@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bangun datar untuk kelas IV SD Negeri 28 Padang Sarai yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research And Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu tahap define, design, development. Instrument penelitian ini meliputi lembar angket validasi dan praktikalitas ( angket respon guru dan siswa). Validator dilakukan oleh 3 orang dosen terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang validator dosen bahasa, dan 1 orang dosen desain dan praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SD Negeri 28 Padang Sarai. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi memperoleh penilaian 92,85% dengan kategori sangat valid, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 92,5% dengan kategori sangat valid, dan dari aspek desain memperoleh penilaian 83,82% dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran matematika berbasis pendekaran kontekstual yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,72% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 14 orang siswa. Dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh persentase hasil 88,6% dengan kategori praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase hasil 92,91% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi bangun datar memenuhi kriteria valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas IV SD. Adapun saran dari peneliti supaya modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:43
Last Modified: 30 Aug 2021 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5796

Actions (login required)

View Item View Item