ANALISIS HAMBATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 15 PADANG

Sri Dwi, Aulia Akmal and Erman, Har (2021) ANALISIS HAMBATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 15 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (525kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
iv. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan proses belajar mengajar biologi dan hubungannya dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 padang. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 123 siswa kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan faktor internal yang mempengaruhi pembelajaran biologi yaitu cacat tubuh memiliki rata-rata 3,44, perhatian memiliki rata-rata 3,41, dan motif memiliki rata-rata 3,06 dengan penafsiran sangat tinggi. Pada hambatan faktor eksternal yang mempengaruhi pembelajaran biologi yaitu cara orang tua mendidik memiliki rata-rata 3,15, keadaan ekonomi keluarga memiliki rata-rata 3,38, metode mengajar memiliki rata-rata 3,03, guru dengan siswa memiliki rata-rata 3,15 dan siswa dengan siswa memiliki rata-rata 3,09 dengan penafsiran sangat tinggi. Pada hambatan faktor internal dan hambatan faktor eksternal berdasarkan jenis kelamin nilai rata-rata responden perempuan lebih tinggi daripada responden laki-laki. Nilai koefisien korelasi antara hambatan proses belajar mengajar dan hasil belajar adalah 0,214 memiliki hubungan korelasi yang rendah dengan hubungan hambatan proses belajar mengajar menunjukkan hasil yang positif dan signifikan dengan hasil belajar biologi. Data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya terdapat hubungan yang positif antara faktor internal dengan hasil belajar dan juga terdapat hubungan yang positif antara faktor eksternal dengan hasil belajar di SMA Negeri 15 Padang. Kata kunci: hambatan, proses belajar mengajar, faktor internal, faktor eksternal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:34
Last Modified: 30 Aug 2021 01:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5818

Actions (login required)

View Item View Item