PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 31 PASIR KANDANG

Nurul, Azizah and Wince, Hendri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 31 PASIR KANDANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover-dikonversi.pdf

Download (636kB)
[img] Text
ii. BAB Pendahuluan-dikonversi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
iii. BAB Kesimpulan dan Saran-dikonversi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
iv. fullteks skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang. Penelitian pengembangan (Research and Deveopment) dengan model penelitian tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang validator dan lembar praktikalitas guru dan siswa kelas IV sebanyak 26 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas IV yang termasuk kriteria sangat valid dengan validitas (90,43%), dari aspek materi (90,45%), bahasa (93,75%) dan aspek tampilan (95,00%). Modul yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dengan praktikalitas (93,33%) dari aspek materi (90,45%), aspek kesesuaian waktu (100%), aspek kesesuaian ilustrasi (100%), dan aspek bahasa (83,33%). Serta Praktikalitas modul oleh siswa sangat praktis dengan praktikalitas (93,99%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai modul dalam pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:23
Last Modified: 30 Aug 2021 02:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item