PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Atikah, Awaliyah and Pebriyenni, Pebriyenni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HAL.PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN(2).pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN(1).pdf

Download (288kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI ATIKAH .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas dari modul pembelajaran IPS berbasis model konstruktivisme pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Modul divalidasi oleh tiga validator ahli yaitu ahli materi dengan 87,5% kategori valid, ahli bahasa dengan 86,36% kategori valid, dan ahli desain dengan 81,94% kategori valid. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga validator ahli adalah 85,37% kategori valid. Untuk uji coba praktikalitas, modul digunakan oleh guru dan siswa SD Negeri 21 Cupak dengan hasil praktikalitas dari guru 97,72% kategori sangat praktis dan oleh siswa 94,49% kategori sangat praktis. Rata-rata praktikalitas yang diperoleh dari guru dan siswa 96,10% kategori sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran IPS berbasis Model Konstruktivisme untuk kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid baik dari aspek materi, bahasa maupun desain. Hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis baik dari segi aspek penilaian dari guru dan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Konstruktivisme telah valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:29
Last Modified: 30 Aug 2021 02:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item