PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 161/V ADIPURWA KECAMATAN MERLUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT KOTA JAMBI

yuni, mitra fatmala and hidayati, azkiya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 161/V ADIPURWA KECAMATAN MERLUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT KOTA JAMBI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-converted(1).pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Skripsi Yuni Mitra Fatmala Upload-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media ular tangga berbasis saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi kelas IV SDN 161/V Adipurwa 31 mei 2021 yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Zaki (2018) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, pendapat Putri (2014) tentang membaca, pendapat Sari (2013) tentang puisi, pendapat Arsyad (2011) tentang media pembelajaran, pendapat Hosnan (2014) tentang pendekatan saintifik, pendapat Nur’aini (2017) tentang media ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik dalam buku Hosnan (2014). Hasil validasi media ular tangga berbasis saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia dinyatakan valid oleh validator ahli materi 21 april 2021 dengan persentase nilai 81,25%, dinyatakan valid oleh validator ahli media 22 maret 2021 dengan persentase nilai 82,5%, dan dinyatakan sangat valid oleh validator ahli bahasa 22 maret 2021 dengan persentase nilai 95%. Hasil praktikalitas media ular tangga berbasis saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia dinyatakan sangat praktis oleh guru dengan persentase nilai 91,66% dan dinyatakan praktis oleh siswa kelas IV berjumlah 18 orangdengan persentase nilai 89,81%. Hasil efektivitas media ular tangga berbasis saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia dinyatakan efektif oleh siswa kelas IV berjumlah 18 orang dengan persentase nilai 100% dengan nilai rata-rata 88,05. Dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berbasis saintifik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD adalah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:38
Last Modified: 30 Aug 2021 02:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item