Pengembangan Modul IPA Berbasis Saintifik Tema 6 di Kelas V SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan

melisa, putri mahmudah and rona, taula Sari (2021) Pengembangan Modul IPA Berbasis Saintifik Tema 6 di Kelas V SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
repositori i.pdf

Download (440kB)
[img] Text
REPOSITORI II.pdf

Download (288kB)
[img] Text
REPOSITORI III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
SKRIPSI U FOOTER-dikonversi-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINTIFIK TEMA 6 DI KELAS V SDN 11 PANCUNG SOAL PESISIR SELATAN Melisa Putri Mahmudah1, Rona Taula Sari1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e- mail: melisaputrimahmudah@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis saintifik untuk peserta didik kelas V SD Negeri 11 Pancung Soal yang Valid dan Praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Recearch and Development) dengan model pengembangan yang menggunakan 4-D yang dibatasi menjadi 3-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi 3 orang validator dan angket praktikalitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan valid dari aspek materi dengan nilai 3,42, sangat valid dari aspek bahasa dengan nilai 3,83, dan valid dari aspek desain dengan nilai 3,3 sehingga rata-rata validasi dari 3 orang dosen ahli 3,51 dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru dari segi kemudahan penggunaan diperoleh nilai 93,75% (sangat praktis), efektifitas waktu pembelajaran 100% (sangat praktis), dan manfaat 93,75% (sangat praktis), sehingga diperoleh rata-rata presentasi praktikalitas oleh guru 97,16% dengan kategori sangat praktis. Praktikalitas oleh siswa dari segi peningkatan minat siswa diperoleh nilai 97,81% (sangat praktis), proses penggunaannya diperoleh nilai 96,87% (sangat praktis), peningkatan kreatvitas diperoleh nilai 96,87% (sangat praktis), waktu yang tersedia 97,6% (sangat praktis), dan evaluasi 95% (sangat praktis) sehingga diperoleh rata-rata persentase praktikalitas siswa 96,83% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA Tema 6 di Kelas V SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan dapat digunakan secara mandiri dan bagi siswa yang memiliki kemampuan yang rendah perlu mendapatkan bimbingan dari guru. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Pembelajaran IPA, Saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:40
Last Modified: 30 Aug 2021 02:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item