PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Nezzia Putri, Elda and Wince, Hendri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (925kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (197kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan contextual teaching and learning pada materi komponen ekosistem untuk siswa kelas V SD Negeri 02 Sintuk Toboh Gadang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi dengan 3-D. Tahapan yang dilakukan define, design, and development. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen Universitas Bung Hatta serta praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas V SD Negeri 02 Sintuk Toboh Gadang. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi tiga orang validator. Validitas meliputi tiga aspek yaitu materi, bahasa, dan desain. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, modul pembelajaran IPA yang dikembangkan memperoleh presentase 90,89% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas guru memperoleh presentase 95,00% dan siswa memperoleh presentase 89,71% dengan kategori sangat praktis dari aspek minat siswa, proses penggunaan, peningkatan kreativitas siswa, waktu yang tersedia dan evaluasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA dengan pendekatan contextual teaching and learning yang dihasilkan sangat valid dan praktis sehingga menjadi salah satu alternatif bahan ajar dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:30
Last Modified: 31 Aug 2021 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item View Item