PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 09 TELUK BAKUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Riska, Aulia Rahmi and Enjoni, Enjoni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 09 TELUK BAKUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
BAGIAN 1 COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (798kB)
[img] Text
bagian 2 PENDAHULUAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bagian 3 PENUTUP.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Bagian 4 SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Cooperative Learning Tipe STADpada materi Suhu dan Kalor untuk siswa kelas V SD Negeri 09 Teluk Bakung Kabupaten Pesisir Selatan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Develompment) dengan model pengembangan yang menggunakan metode 4-D yang dibatasi menjadi 3-D berdasarkan kebutuhan peneliti. Instrument penelitian meliputi lembar angket validasi yang divalidasi oleh 3 orang dosen ahli yaitu 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli bahasa dan 1 orang dosen ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Cooperative Learning Tipe STAD untuk siswa kelas V termasuk kriteria sangat valid dengan validitas (3,53) dari aspek materi (3,40), dari aspek bahasa(3,60), dari aspek desain (3,60). Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 26 orang siswa. Dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh persentase dengan hasil (78,33%) dengan kategori praktis. Dan dari uji Praktikalitas yang di lakukan oleh siswa memperoleh hasil dengan persentase (85,66%)dengan kategori sangat praktis.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Cooperative Learning Tipe STAD pada materi Suhu dan Kalor untuk siswa kelas V SD Negeri 09 Teluk Bakung Kabupaten Pesisir Selatan sangat valid dan praktis bagi guru serta sangat praktis bagi siswa digunakan dalam proses pembelajaran. Semoga modul pembelajaran IPA yang sudah dibuat dapat dijadikan sebagai bahan ajar tambahan bagi guru serta dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:02
Last Modified: 31 Aug 2021 03:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item