PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS POP-UP BOOK PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 56 ANAK AIR KOTA PADANG

Velya, Gusri and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS POP-UP BOOK PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 56 ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media saat proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan sebelumnya hanya berupa buku tema dan LKS sehingga siswa merasa bosan dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvesional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 56 Anak Air Kota Padang yang valid, praktis, dan efektif yang dikemukakan oleh Dzuanda (2011: 11). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/ Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, development, and disseminate. Karena adanya keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 56 Anak Air Kota Padang dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes evaluasi siswa kelas IV SDN 56 Anak Air Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,33%) baik dari aspek materi (89,28%), aspek desain (90,9%), dan aspek bahasa (95%). Media yang dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (96,66%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (96,44%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (100%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 56 Anak Air Kota Padang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan, Media,Menulis, Gambar Berseri, Pop-Up Book

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2021 01:30
Last Modified: 01 Sep 2021 01:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item