PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 036 RANTAU PANJANG KECAMATAN TABIR KABUPATEN MERANGIN JAMBI

Nurasiah, Nurasiah and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 036 RANTAU PANJANG KECAMATAN TABIR KABUPATEN MERANGIN JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Skripsi Nurasiah oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learning di kelas IV SDN 036 Rantau Panjang yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2013 : 242) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia, teori Nurgiyanto (2010 : 312) tentang puisi, teori Winataputra (2011 : 7) tentang pendekatan contextual teaching and learning, dan teori Asyhar (2021 : 155) tentang modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R & D). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 3-D yaitu define, disign, development, dan disseminate. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 036 Rantau Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (90) baik dari materi (87,5), aspek bahasa (93,1), dan aspek desaian (91,6). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata (97,7). Serta dikategorikan cukup praktis oleh siswa dengan rata-rata (66,5). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learning untuk siswa kelas IV SDN 063 Rantau Panjang Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Pengembangan, modul, contextual teaching and learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2021 06:17
Last Modified: 01 Sep 2021 06:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item