ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VIII SMPN 18 PADANG

Indah Friscillya Ruben, Indah (2021) ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VIII SMPN 18 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN-dikonversi.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN-dikonversi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika dasar siswa, siswa yang memilih bermain dibandingkan belajar, siswa kurang minat dalam pelajaran matematika dan kurangnya konsentrasi siswa ketika guru menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep bilangan bulat pada siswa dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan pemahaman konsep bilangan bulat pada siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Padang yang berjumlah 20 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari soal tes kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat berupa lembaran ulangan harian siswa dan wawancara kepada siswa. Data hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat pada siswa kelas VIII SMPN 18 Padang terbagi 3 yaitu yang pada pemahaman konsep bilangan bulat kelompok baik tidak ada siswa pada kelompok ini, pemahaman konsep bilangan bulat pada kelompok menengah ada 95% dan yang memiliki pemahaman konsep pada kelompok kurang baik ada 5%. Faktor-faktor penyebab kesulitan pemahaman konsep bilangan bulat pada siswa yaitu siswa kesulitan dalam memahami soal sehingga siswa belum terampil dalam menyelesaikan soal yang diberikan, kesulitan dalam memahami operasi hitung, siswa tidak menyukai pembelajaran matematika yang membuat siswa tidak memahami penjelasan yang diberikan guru, siswa tidak memperhatikan guru ketika mengajar, siswa mengalami kesulitan ketika belajar daring karena kendala sinyal, siswa mengalami kesulitan karena waktu jam pelajaran menjadi berkurang Dari hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat pada siswa termasuk kategori cukup, hal ini dapat terlihat pada pengelompokkan persentase kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat. Dari hasil penelitian disarankan hendaknya guru memahami kelemahan dan kekuatan masing-masing kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat siswa, karena siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda khususnya kemampuan pemahaman konsep bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:43
Last Modified: 01 Sep 2021 08:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item