PENGARUH PERSEPSI SOAL CERITA MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 PADANG

Rido Ilham, Rido (2021) PENGARUH PERSEPSI SOAL CERITA MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
HALAMAN COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
FULTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Persepsi soal cerita matematika dan kemampuan memahami soal cerita, 2) Pengaruh persepsi soal cerita matematika dan kemampuan memahami soal cerita terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 25 siswa. Teknik analisis data: Analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi linear sederahana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Persepsi siswa pada soal cerita matematika cukup baik dengan rata-rata sebesar 2,64 dan tingkat capaian responden 66,1% dengan rentang skor 1-4 menggunakan skala likert; (2) Kemampuan siswa dalam memahami soal cerita dari total 25 siswa sebanyak 4 siswa atau 16% berada pada tingkat tinggi, sebanyak 17 siswa atau 68% berada pada tingkat sedang, sebanyak 4 siswa atau 16% berada pada tingkat rendah; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara persepsi soal cerita matematika dan kemampuan memahami soal cerita terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai thitung 2,553 > ttabel 2,07387. berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh r2 adalah sebesar 0,221, yang Artinya hubungan variabel persepsi soal cerita matematika mempengaruhi hasil belajar sebesar 22,1% sedangkan sisanya 77,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:22
Last Modified: 02 Sep 2021 01:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item