PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 23 TANJUNG BINGKUNG

Mona, Yuhendri and Zulfa, Amrina (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 23 TANJUNG BINGKUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
repositori mona i.pdf

Download (419kB)
[img] Text
REPOSITORI ii.pdf

Download (298kB)
[img] Text
REPOSITORI MONA iii.pdf

Download (128kB)
[img] Text
SKRIPSI MONA REVISI KOMPRE 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 23 TANJUNG BINGKUNG Mona Yuhendri Putri1, Zulfa Amrina1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: Monaputri783@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 23 Tanjung Bingkung yang masih rendah karena terdapat beberapa siswa yang nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu dengan nilai 75. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 23 Tanjung Bingkung dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 23 Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung dengan jumlah siswa 20 orang, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur Penelitian meliputi tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Siklus I hasil belajar siswa, pencapaian nilai rata-rata siklus I ini adalah 71,8. b) Siklus II perolehan hasil belajar pencapaian nilai rata-rata siklus II ini adalah sebesar 82,1. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 23 Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung. Bertolak dari temuan ini diharapkan kepada guru pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning (PBL) dapat digunakan menjadi strategi pembelajaran altenatif dan referensi dalam merancang RPP sesuai K13 dengan memilih pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menambah wawasan guru dalam bidang keilmuan. Kata Kunci : Project Based Learning (PBL), Aktvitas, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:00
Last Modified: 03 Sep 2021 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item View Item