Penerapan Strategi Pembelajaran REACT pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang

Irna, Syafitri and Fazri, Zuzano and Edrizon, Edrizon (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran REACT pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 Abstrak.pdf

Download (306kB)
[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
7 IRNA SYAFITRI 1510013211002 Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang pada Ujian Semester ganjil di kelas VII Tahun Pelajaran 2018/2019 yang masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru dan kurangnya antusias siswa dalam mempelajari suatu materi sehingga siswa kesulitan dalam menentukan konsep apa yang dipakai jika dihadapkan dengan soal-soal yang berkaitan dengan materi. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooprating, dan Transfering (REACT). Dengan diterapkannya strategi ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang yang pembelajarannya menerapkan strategi REACT lebih baik dari pemahaman konsep siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang yang pembelajarannya menerapkan strategi REACT lebih baik dari pemahaman konsep siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes akhir pemahaman konsep siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata (t-test) pada taraf kepercayaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:11
Last Modified: 28 May 2021 08:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item