PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 94/III SIULAK DERAS KERINCI

Vilia, Inelda and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 94/III SIULAK DERAS KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img]
Preview
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SDN 94/III Siulak Deras Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci yang terdiri dari 2 kelas,pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara Random Samplingdan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data analisisdenganuji t padataraf α = 0,05. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (81,89) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (72,73). Berdasarkan uji hipotesis harga t hitung ≥t tabel yaitu 3,04 > 2,01dengan α = 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci.Untuk itu disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif The Power of Two dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci :The Power of Two, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 24 Aug 2020 09:05
Last Modified: 24 Aug 2020 09:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item