PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 94/III SIULAK DERAS KERINCI

Vilia, Inelda and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 94/III SIULAK DERAS KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Abstrak.pdf

Download (131kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SDN 94/III Siulak Deras Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci yang terdiri dari 2 kelas,pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara Random Samplingdan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data analisisdenganuji t padataraf α = 0,05. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (81,89) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (72,73). Berdasarkan uji hipotesis harga t hitung ≥t tabel yaitu 3,04 > 2,01dengan α = 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci.Untuk itu disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif The Power of Two dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci :The Power of Two, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 24 Aug 2020 09:05
Last Modified: 24 Aug 2020 09:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item