Vilia, Inelda and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 94/III SIULAK DERAS KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Cover.pdf Download (88kB) |
|
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Abstrak.pdf Download (131kB) |
|
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB I.pdf Download (148kB) |
|
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
10 VILIA INELDA 1510013411004 Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SDN 94/III Siulak Deras Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci yang terdiri dari 2 kelas,pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara Random Samplingdan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data analisisdenganuji t padataraf α = 0,05. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (81,89) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (72,73). Berdasarkan uji hipotesis harga t hitung ≥t tabel yaitu 3,04 > 2,01dengan α = 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif The Power of Two terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 94/III Siulak Deras Kerinci.Untuk itu disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif The Power of Two dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci :The Power of Two, Hasil Belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ahmad Elzuhri |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 09:05 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 09:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/711 |
Actions (login required)
View Item |