HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 ULAKAN TAPAKIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Salsa, Feni Julia and Sari, Rona Taula (2022) HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 ULAKAN TAPAKIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover, Hal Pengesahan, Abstrak, Daftar isi.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ii. BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (401kB)
[img] Text
iii. BAB Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB)
[img] Text
iv. Feni Julia Salsa 18-007 PBIO_Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar biologi pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Perubahan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh sejak pandemi Covid-19 mewabah, memberikan dampak pada motivasi belajar yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman dengan populasi 100 siswa kelas X MIPA yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, dengan sampel 80 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling yaitu dilakukan secara acak, dengan menggunakan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang berisi pernyataan motivasi belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan skala likert, dan dokumen nilai biologi siswa pada ujian tengah semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Hasil uji korelasi pearson product momen diperoleh sebesar 0,86 (86%) pada motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik sebesar 0,85 (85%), artinya terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar biologi pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Hasil uji t diperoleh hasil thitung motivasi instrinsik sebesar 15,27 dan thitung motivasi ekstrinsik sebesar 14,47 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Hasil Koefesien determinasi motivasi instrinsik sebesar 75% dan motivasi ekstrinsik sebesar 73%, hal ini berarti motivasi instrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) berkontribusi terhadap hasil belajar biologi siswa (Y). Kata kunci: motivasi, hasil belajar biologi, pembelajaran jarak jauh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 04 Mar 2022 01:38
Last Modified: 04 Mar 2022 01:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7453

Actions (login required)

View Item View Item