STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEUNTUNGAN USAHA (Studi Kasus pada UMKM Kuliner di Kecamatan Kuranji)

Annisa, Rizki Raudya and Zeshasina, Rosha (2022) STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEUNTUNGAN USAHA (Studi Kasus pada UMKM Kuliner di Kecamatan Kuranji). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover,halaman pengesahan-dikonversi.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN ANNISA RR.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN ANNISA RR-dikonversi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI ANNISA RIZKI RAUDYA 17-149 FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap strategi pemasaran di masa pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap keuntungan usaha, dengan studi kasus pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner di Kecamatan Kuranji. Untuk mengungkap hal itu, maka penelitian ini memiliki 3 (tiga) tujuan spesifik, yang terdiri dari : (a) dampak pandemi covid-19 terhadap keberlangsungan usaha; (b) strategi pemasaran yang dijalankan di masa pandemi covid-19; dan (c) dampak dari strategi pemasaran tersebut terhadap keuntungan usaha. Penelitian ini melandaskan pada rancangan penelitian studi kasus dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang dipergunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar UMKM Kuliner responden, memiliki variasi jenis produk yang meliputi nasi dan mie goreng, warung nasi, lontong gulai dan lontong pical, aneka menu olahan ayam seperti goreng, geprek dan penyet, sate ayam dan daging sapi, serta soto ayam dan daging sapi. Sebagian besar UMKM Kuliner yang menjadi responden dijalankan oleh perempuan, dengan rentang usia 25-60 tahun. Sebagian besar responden menyatakan bahwa lokasi usaha mereka berada di tempat yang strategis meski sebagian besar diantaranya berstatus menyewa, didukung dengan peralatan usaha yang memadai, konsumennya adalah masyarakat sekitar, dengan harga terjangkau dan kualitas memadai, serta selalu menjaga kebersihan produk mereka. Terkait dengan masa pandemi covid-19, sebagian besar responden mengalami penurunan aktifitas jual beli dengan rentang antara 30-60%. Terkait hal itu, maka strategi pemasaran yang dijalankan meliputi : mengurangi size produk, menurunkan harga jual, menambah jam kerja dan menambah variasi produk. Strategi pemasaran dimaksud berdampak pada keuntungan usaha meski tidak terlalu signifikan, yang mereka istilahkan dengan “untuang tipih”. Pada masa selanjutnya, seiring kondisi pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung, mereka merencanakan untuk menggunakan pemasaran digital (online) sebagai strategi tambahan, meskipun masih belum memahami secara persis terkait hal itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Manajemen FEB
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:06
Last Modified: 07 Mar 2022 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7507

Actions (login required)

View Item View Item