PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA TEMA 8 UNTUK SISWA KELAS V DI SDN 21 PAKAN SINAYAN, KABUPATEN AGAM

Desi, Aulia Putri and Rona, Taula Sari (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA TEMA 8 UNTUK SISWA KELAS V DI SDN 21 PAKAN SINAYAN, KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] Text
iv. FULL TEKS SKRISPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada tema 8 untuk siswa kelas V di SDN 21 Pakan Sinayan, Kabupaten agam. Penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu (Analysis,Design, Development, Implementation, and Evalution). Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap implementationyakni pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang divalidasi 3 orang validator dan lembar praktikalitas guru dan peserta didik sebanyak 14 orang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan video pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada tema 8 di SDN 21 Pakan Sinayan yang termasuk kategori sangat valid dengan validitas (3,59), dari aspek materi (3,42), aspek bahasa (3,60) dan aspek desain (3,76).Video yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dengan praktikalitas (98,75%), dari aspek kepraktisan penggunaan (95%),aspek kesesuaian ilustrasi(100%) , aspek bahasa (100%), dan aspek kesesuaian waktu (100%). Dari siswa dengan praktikalitas (86,02%), dari aspek ketertarikan siswa (87,5%),aspek bahasa (91,07%), aspek proses penggunaannya (84,28%), waktu yang tersedia (80,35%), dan aspek peningkatan kreatifitas siswa (86,90%). berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan video pembelajaran IPA dengan menggunakan inkuiri kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebabgai media dalam pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara pengembangan yang baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2022 08:16
Last Modified: 08 Mar 2022 08:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7650

Actions (login required)

View Item View Item