Maiyazi, Cindi and Wahyuni, Yusri (2022) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG BERKEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT SISWA KELAS VIII DI SMP N 10 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER_SKRIPSI CINDI MAIYAZI (1710013211011) REPOST-halaman-1-8.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I. PENDAHULUAN_SKRIPSI CINDI MAIYAZI (1710013211011) REPOST-halaman-11-19.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN_SKRIPSI CINDI MAIYAZI (1710013211011) REPOST-halaman-58-61.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI CINDI MAIYAZI (1710013211011) REPOST.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, pemahaman kepribadian setiap siswa dan tindakan yang tepat yang diberikan oleh guru kepada siswa belum diterapkan dengan baik, terdapat siswa yang aktif dalam kelas begitupun sebaliknya ada siswa yang pasif didalam kelas, serta hasil belajar beberapa siswa ada yang tidak mencapai tujuan pembelajaran, atau masih kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar ditinjau dari hasil belajar matematika siswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert siswa kelas VIII di SMP N 10 Padang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan populasi siswa kelas VIII SMP N 10 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas 8.1. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adala instrumen non tes yaitu berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan terdapat 41% siswa yang berkepribadian introvert atau 13 dari jumlah siswa kelas sampel dan 56% siswa yang berkepribadian ekstrovert atau 18 dari jumlah siswa kelas sampel. Sehingga berdasarkan pengelompokan kepribadian siswa diperoleh siswa kepribadian introvert dengan hasil belajar tinggi memiliki motivasi belajar sedang terdiri dari 2 orang. Untuk siswa kepribadian introvert dengan hasil belajar rendah memilki motivasi belajar rendah terdiri dari 1 orang dan motivasi belajar sedang 1 orang. Untuk siswa kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar tinggi memilki motivasi belajar sedang 2 orang. Dan untuk siswa kepribadian ekstrovert motivasi tinggi dengan hasil belajar rendah terdiri dari 1 orang dan motivasi belajar sedang terdiri dari 1 orang. Dari hasil penelitian disarankan agar menjadi bahan masukan bagi guru serta pertimbangan dan pedoman dalam proses pembelajaran serta bagaimana perlakuan yang sesuai yang diberikan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 01:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 01:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7665 |
Actions (login required)
View Item |