PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS X TATA BOGA DI SMK NEGERI 3 PAYAKUMBUH

Hidayatul, Atikah and Dra. Pebriyenni, M.Si, Pebriyenni (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS X TATA BOGA DI SMK NEGERI 3 PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i_dikirimHidayatul Atikah.pdf

Download (315kB)
[img] Text
ii_ dikirimHidayatul Atikah.pdf

Download (113kB)
[img] Text
iii_dikirimHidayatul Atikah.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Repository_OK Hidayatul Atikah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis pretest dan posttest control group design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal penelitan untuk melihat adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 143 orang peserta didik kelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Payakumbuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 72 orang peserta didik yaitu kelas X Tata Boga.1 dan X Tata Boga.3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kelas Eksperimen mengalami peningkatan 10 dan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan 10,08 dari perolehan hasil posttest. (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yaitu 80,00. (3) Hasil belajar PPKn peserta didik pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata yaitu 78,97. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t statitstik menunjukkan thitung>ttable dengan nilai thitung 2,5263 dan nilai ttabel sebesar 1,6641, pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas X Tata Boga, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran terlaksana sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Blended Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Ha di terima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:28
Last Modified: 10 Mar 2022 06:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7824

Actions (login required)

View Item View Item