FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS X DI SMK N 3 PAYAKUMBUH

Masitoh, Nasution and Dra. Pebriyenni, M.Si, Pebriyenni (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS X DI SMK N 3 PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
file 1 masitoh.pdf

Download (319kB)
[img] Text
file 2 masitoh.pdf

Download (146kB)
[img] Text
file 3 masitoh.pdf

Download (8kB)
[img] Text
REPOSITORY MASITOH NASUTION_1810013311005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SMK N 3 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 568 orang siswa dengan sampel 15% dari populasi yaitu 85 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuisoner. Teknik analisis data untuk menguji normalitas dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor internal (perhatian, keingintahuan, kebutuhan, motivasi) terhadap minat belajar dan terdapat pengaruh faktor eksternal (guru, fasilitas, metode pembelajaran) terhadap minat belajar. Pengaruh faktor internal indikator perhatian yaitu 14,38%, indikator keingintahuan yaitu 14,93%, indikator kebutuhan yaitu 15,73%, dan motivasi yaitu 14,27% terhadap minat belajar siswa. Pengaruh faktor eksternal indikator guru yaitu 13,41%, indikator fasilitas yakni 13,67%, dan indikator metode pembelajaran yakni 13,61 % terhadap minat belajar siswa. Perbandingan keseluruhan pengaruh faktor internal terhadap minat belajar sebanyak siswa yakni 59,31% dan pengaruh faktor eksternal terhadap minat belajar siswa yakni 40,69% terhadap minat belajar belajar pada pembelajaran PPKn kelas X di SMK N 3 Payakumbuh. Hasil hipotesis uji F diperoleh F hitung sebesar 6,975 dengan signifikan 0,550< 0,05 dengan (F hitung > F tabel) yang berarti terdapat pengaruh faktor internal terhadap minat belajar siswa dan terdapat pengaruh faktor eksternal terhadap minat belajar siswa diperoleh F hitung sebesar 4,424 dan signifikan 0,945< 0,05 dengan (F hitung > F tabel). Sedangkan R2 sebesar 0,750.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:31
Last Modified: 10 Mar 2022 06:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7826

Actions (login required)

View Item View Item