PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS V SDN 11 LUBUK ALUNG

Intan Briliana, Emilso and Arlina, Yuza (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS V SDN 11 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i. COVER (INTAN BRILIANA EMILSO-1710013411071).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. PENDAHULUAN (INTAN BRILIANA EMILSO-1710013411071).pdf

Download (446kB)
[img] Text
iii. KESIMPULAN DAN RUJUKAN (INTAN BRILIANA EMILSO-1710013411071).pdf

Download (399kB)
[img] Text
iv. FULL SKRIPSI (INTAN BRILIANA EMILSO-1710013411071).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan dengan menggunakan metode Penemuan Terbimbing untuk kelas V SDN 11 Lubuk Alung. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai di tahap develop yakni sampai tahap praktikalitas. Penelitian ini dilakukan pada semester I dengan materi perkalian dan pembagian pecahan. Instrument penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen ahli meliputi 1 orang ahli didaktik dan isi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli tampilan. Pada proses praktikalitas, LKPD di uji coba kepada 1 orang guru dan 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi LKPD dengan metode penemuan terbimbing memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 85,56%. Pada tahap praktikalitas LKPD dengan metode penemuan terbimbing ini termasuk kriteria sangat praktis dengan persentase 93,23 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing ini pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan untuk kelas V SD memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas V di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:15
Last Modified: 11 Mar 2022 01:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7839

Actions (login required)

View Item View Item