PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Zuria, Amina and M., Tamrin (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI ZURIA UPLOAD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
cover zuria.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I ZURIA-dikonversi.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB V ZURIA-dikonversi.pdf

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis konstruktivisme untuk siswa kelas IV SD Negeri 040/XI Koto Limau Manis yang memenuhi kriteria valid dan sangat praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada mata pelajaran IPS KD 3.2. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 17 siswa kelas IV SD Negeri 040/XI Koto Limau Manis. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 80%, ahli bahasa 95,45%, dan ahli desain 83,33%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 86,26% dengan kriteria valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 95,45% dan praktikalitas oleh siswa 92,49%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 93,97% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis konstruktivisme untuk siswa kelas IV SD Negeri 040/XI Koto Limau Manis valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran IPS, Konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:22
Last Modified: 11 Mar 2022 01:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item