PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KARAKTER PADA KELAS IV DI SDN 31 KUMPULAN BANANG, PESSEL.

Cesy, Rinaldi and M., Nursi (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KARAKTER PADA KELAS IV DI SDN 31 KUMPULAN BANANG, PESSEL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover,Halaman Pengesahan, Abstrak, daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text
iii. Bab Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI CESY RINALDI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis karakter pada kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku, Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 26 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 91,6 % dengan kriteria sangat valid, persentase validitas oleh ahli desain yaitu 90% dengan kriteria sangat valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 88,3 % dengan kriteria valid, Berdasarkan hasil validitas modul pembelajaran PKn berbasis karakter untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 90%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 98,4% dengan kriteria sangat valid, persentase praktikalitas modul oleh siswa 97% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 97,7%, jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis karakter pada kelas IV SD sudah valid, dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: Modul, Pembelajaran PKn, Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:13
Last Modified: 11 Mar 2022 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7901

Actions (login required)

View Item View Item